PECEL PUNTEN MBENJING MRIKI MALIH

Jumat, 11 November 2011

pecel punten
Ah, kesampaian juga akhirnya mencicipi pecel punten, memang nikmat dan josh. setelah melihat liputan kulinernya di salah satu stasiun tivi swasta (bisa dicek di sini, teman, Liputan Kuliner Pecel Punten Kediri ) Memang kota kediri terkenal dengan kuliner serba pecel, tapi yang satu ini lain daripada yang lain.

Warung pecel punten “mbenjing mriki malih” ini terletak di Pesantren – Kediri, 2 km arah timur dari PG. Pesantren. Warungnya di pinggir sawah dan tegalan, lesehan serta memiliki tempat luas untuk menampung langganan yang selalu datang dan pergi mencicipi pecel punten ini. Trus apa bedanya dengan pecel biasa?

Pecel punten sekilas memang mirip dengan pecel biasanya, baik dari bumbu maupun dari sayuran pelengkapnya. Namun yang membedakan adalah pecel ini disajikan dengan ditambah punten.

Lhadalah, punten itu apa??

Baiklah, akan admin terangkan yaaaaa.... sabar.. sabar...

Punten itu seperti jadah, akan tetapi bukan menggunakan beras ketan tapi menggunakan beras biasa yang ditanak dengan santan dan garam, kemudian ditumbuk halus dan dipadatkan. Setelah itu dipotong segi empat, disajikan diatas piring, dikasi topping sayuran dan kecambah, trus ditambah lagi dengan krupuk wedi dan disiram dengan bumbu pecel kental... Jadi deh punten pecel. mantap gan.

seger dengan es degan
Meskipun kuliner ini bukan asli kediri, namun penikmat punten pecel ini selalu mengantri ketika memesan punten pecel made in kediri. dengan sabar dan ramah penjualnya melayani satu persatu permintaan penikmat pecel, ketika mereka sudah akan beranjak dari warungnya, ibu penjual ini selalu berkata “mbenjing mriki malih nggih” yang dalam arti bahasa indonesianya kira-kira “besok kesini lagi ya”. Akhirnya kata-kata itu menjadi trade mark warung pecel punten ini. Selain pecel punten, warung ini juga menyediakan Sego ampog (nasi jagung) dengan lauk ikan asin dan kulupan di krawu (urap2), jan maknyus komplit dan sedapnya.

Kalo teman-teman tertarik mencicipi, silahkan meluncur langsung ke TKP, Warung Pinggir Sawah “Mbenjing Mriki Malih”. Untuk urusan harga, jangan khawatir, gak bikin kantong teman-teman ngglembosi, satu porsi Cuma Rp. 3500, ditambah dengan es degan Rp. 2500, total makan pecel punten + minum hanya Rp. 6000 saja.. wih, murah jaya kan?? Makanya segera berkunjung, ajak team TC Bumi Kadiri juga yaaaaaaa....

0 komentar: